menahan amarah versi islam

janganmarah.jpg
Selamat pagi sobat semuanya ,kali ini ane akan berbagi buat sobat semua tentang Menahan rasa marah,
langsung saja . .
Obat marah yang tercela itu adalah mengucapkan kalimat isti'adzah mohon perlindungan kepada Allah dari gangguan syetan yang terkutuk,dan berwudhu
Hal ini didasarkan pada sabda nabi saw ,yang artinya "Jika seseorang marah,maka hendaklah ia berwudhu dengan air,karena marah itu berasal dari api.dan api hanya bisa dipadamkan dengan air."
dalam riwayat yang lain disebutkan "sesungguhnya marah itu dari setan dan setan itu diciptakan dari api,sedangkan api itu hanya bisa dipadamkan dengan air,maka jika seseorang diantara kalian marah ,hendaklah ia berwudhu
soat semua,diantara obat marah lain nya adalah pindah dari tempat munculnya kemarahan itu ketempat lainnya,sambil merenungkan firman allah swt yang memuji orang yang mampu menahan amarahnya:
wal kaahimiinal ghizha wa'aafiina 'anin naas (dan orang orang yang mampu menahan amarahnya dan suka memaafkankan manusia).(qs.3:134)
Dalam hadis disebutkan
nabi saw bersabda,yang artinya Barang siapa menahan amarahnya maka Allahpun akan menahan siksa_Nya terhadapnya
dalam satu hikayat yang dipaparkan oleh wahab bin munabbih berkata:
Dahulu ,dibani israil ada seorang abid .Setan mau menyesatkan namun tidak berhasil.
pada suatu hari ,siabid keluar untuk memenuhi hajatnya.setanpun ikut keluar bersamanya untuk mencari kesempatan menyesatkan nya
setan berusaha menggodanya dari segi syahwat dan amarah,namun tidak berhasil sama sekali.
kemudian dicobanya lagi dari segi takut,setan menjatuhkan sebongkah batu yang besar dari atas gunung,ketika batu itu hampir mengenai siabid,ia lalu berdzikir menyebut asma Allah,maka batu itupun tidak mengenainya sama sekali.
Setelah itu setan mencoba kembali dengan menyamar sebagai ular.ketika siabid sedang solat,maka ular tersebut melilit kaki dan badannya hingga sampai ke kepalanya.
ketika siabid hendak sujut,maka ular itu berbelit dikepalanya,dan ketika ia sujud,ular itu mengangakan mulutnya hendak menelannya. Siabid mengusir ular itu hingga akhirnya ia bisa sujud
ketika siabid selesai solat,setan datang menemuinya dan berkata
"Aku telah menggodamu dengan berbagai cara,namun tidak ada satupun yang mempan.
Sejak saat ini,aku tidak mau lagi menyesatkan mu,aku memilih menjadi sahabatmu saja"
siabid menjawab;
"Hari ketika engkau menakut nakutiku itu aku alhamdulillah,tidak takut sama sekali kepadamu.Dan sekarang, aku tidak membutuhkan persahabatan dengan mu"
Dengan jengkel setan berkata:"Apakah sekarang engkau tidak mau bertanya tentang keluargamu,apa yang akan menimpa mereka sepeninggalmu". ?
siabid menjawab dengan tenang:"mereka semua mati sebelum aku.". . !
setan bertanya kembali:"Tidakkah engkau mau bertanya,bagaimana aku menyesatkan manusia. . ?"
"ya.bagaimana cara engkau menyesatkan manusia. ?"
setan menjawab:
Dengan tiga jalan:
  1. Kikir
  2. Marah
  3. dan Mabuk
jika seseorang kikir ,maka kami sedikitkan hartanya dalam pandangannya,sehingga ia menahan hak-hak yang harus dipenuhinya dan menginginkan harta orang lain.
Kalau ia pemarah,maka kami permainkan ia laksana bocah memainkan bola.walaupun ia bisa menghidupkan orang mati dengan do'anya,kami tidak akan putus asa darinya.Dan kami membangun dan merobohkan hanya dengan satu kata saja.
Dan kalau ia mabuk,maka kami seret ia kearah kejahatan sebagaimana kalian menyeret seekor kambing kemana kalian suka.
setan memberitaukan bahwa orang yang marah itu menjadi barang permainan nya,seperti bola ditangan bocah.semoga Allah melindungi kita dari hal itu. . .
hanya sekilas yang dapat saya bagikan moga kiranya bisa menjadi renungan buat saya paling utama dan buat sobat semuanya
amin,amin yaa rabbal 'alamin.

0 Response to "menahan amarah versi islam"

Post a Comment