9 Alasan Kiai Jember Dukung Jokowi-JK

9 Alasan Kiai Jember Dukung Jokowi-JK  
Calon presiden, Joko Widodo, memasuki area GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barats (29/5). Jokowi dan Jusuf Kalla menghadiri deklarasi pemenangan mereka yang diusung sejumlah tokoh Jawa Barat, kader partai, dan para simpatisan pendukung. TEMPO/Prima Mulia
TEMPO.COJember - Para kiai Jember melakukan deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, Kamis, 29 Mei 2014 sore. KH Muhyidin Abdusshomad, koordinator kiai yang menamakan diri "kiai kampung” itu menyatakan ada sembilan alasan mereka mendukung pasangan Jokowi-JK.

"Alasan-alasan itu hasil konsultasi dengan kiai sepuh seperti KH Muchit Muzadi," kata dia kepada Tempo.

Alasan pertama, kata dia, karena Jusuf Kalla dianggap sebagai satu-satunya tokoh NU yang masuk dalam bursa calon wakil presiden yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. Kedua, JK dinilai sebagai calon wakil presiden yang memiliki pemahaman dan perilaku keagamaan (Islam) yang baik. "Ketiga, beliau adalah warga NU yang berpaham ahlussunnah wal jamaah," kata Rois Syuro PCNU Jember itu.

Alasan keempat, JK dinilai sebagai kader NU yang memiliki sikap sebagai negarawan yang baik. Alasan kelima, kata dia, Jusuf Kalla memiliki integritas, kompetensi yang visioner dalam masalah keagamaan, kepemimpinan lembaga negara. Selanjutnya, JK juga dipandang mampu menjadi “jembatan” antara kelompok religius dan kelompok nasionalis (pengusung Joko Widodo).

Pasangan Jokowi dan JK, kata Muhyidin, juga sudah teruji dan memiliki kemampuan pengembangan ekonomi kerakyatan. Pasangan itu, kata dia, juga diyakini mampu menjaga aset-aset nasional tanpa menimbulkan kegoncangan hubungan internasional. "Yang terakhir, pasangan Jokowi dan JK juga mampu menghindarkan Indonesia dari konflik sosial, konflik agama maupun hubungan antar negara," katanya.

Acara Silaturahmi Kiai Kampung, GP Anshor dan Banser di Pesantren Nurul Islam, Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, itu sedianya akan dihadiri Jusuf Kalla. Namun, JK tiba-tiba membatalkan diri dengan alasan ada acara mendadak di Makassar.

Acara itu dihadiri pendiri PT Bosowa, Mohammad Aksa Mahmud dan Nusron Wahid, Ketua Umum Gerakan Pemuda Anshor. "Jember adalah salah satu simpul penting tim pemenangan Jokowi-JK," ujar Aksa Mahmud.

Sedangkan Nusron Wahid mengatakan acara itu adalah konsolidasi politik untuk menyokong pasangan Jokowi-JK dalam pemilihan presiden bulan Juli nanti. "Ini ikhtiar untuk mengarahkan seluruh anggota Anshor, Banser dan NU. Meskipun secara kelembagaan GP Anshor tetap netral," kata dia.

0 Response to "9 Alasan Kiai Jember Dukung Jokowi-JK "

Post a Comment