Ibadah yang Menyamai Pahala Haji

Bagi yang mampu, tentu melaksanakan Ibadah Haji dan berkurban adalah sebuah kebahagian tersendiri bagi setiap hambaNya yang sholeh dalam menyempurnakan ketaatan padanya. Namun, bagi yang tak mampu Alloh Maha Tahu perasaan hamba-hambaNYa, dan memberikan jalan yang adil bagi setiap pribadi dari mereka. Dia menyediakan amalan yang mampu menyamai pahala keduanya apabila dilaksanakan dengan penuh ketaatan, ketundukan, dan kekhusyu’an. Hal ini tidak berarti menghilangkan ajaran yang pokok tentang syariat Haji dan Qurban, namun lebih kepada perimbangan ” Infaq 1000 dari si Kuli bisa jadi menyamai pahala infaq 10.000 dari si bos ” akan keadaan masing-masing . Berikut amalan yang terkait itu :

- Shalat setelah terbitnya matahari ( Isyraq )

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »

“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid[1] – untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat ( Isyraq), maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“. (HR. Tirmidzi )

- Menghadiri halaqah-halaqah ilmu di masjid

“Barangsiapa yang berangkat ke masjid dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar sesuatu kebaikan atau mengajarinya maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna.” (HR. Ath-Thabrani ).

- Melaksanakan shalat lima waktu di masjid

“Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk shalat fardhu maka pahalanya seperti haji.” (HR. Abu Daud )

Dan masih ada beberapa yang belum disaebutkan disini . Amalan-amalan di atas tidaklah berat jika kita memang bersungguh-sungguh melakukan. Namun tidak juga berarti mereka yang sudah berangkat Haji, tak perlu lagi melakukan amalan tadi , TIDAK, sama sekali TIDAK !! karena siapa yang tahu amalan hajinya Maqbul atau tidak ?? justru sebaliknya bagi anda yang sudah haji, lebih bersemangat lagi dalam beramal, termasuk amal-amal di atas, itulah bukti anda mendapatkan Haji yang Mabrur, InsyaAllah.

Mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya.. Dan mendapatkan Ridha Allah.. Aamiin..

Tuliskan "AAMINN" pada komentar, mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang mendapat kesempatan menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci.

1 Response to "Ibadah yang Menyamai Pahala Haji"

  1. Wah memang indah ya agama islam ini :)
    blogwalking
    http://rtz-blog.blogspot.com/

    ReplyDelete